Belanja Online VS Konvensional, Mana Yang Lebih Baik?

Jumat, 18 September 2015 0 Comments


MatahariMall.com

Saat ini internet telah menjadi sesuatu yang penting. Internet telah banyak mengubah hidup orang, hal tersebut tak dapat dipungkiri. Menurut survei yang dilakukan oleh Nielsen tahun 2013, 56% orang Indonesia memilih untuk membeli tiket pesawat secara online. Badan Pusat Statistik juga mengungkapkan bahwa lebih dari 77% masyarakat memilih mencari informasi sebelum membeli barang di internet.

Dengan internet kita dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti browsing, searching, membuka media sosial, ngeblog dan sebagainya. Sepertinya internet menjadi kebutuhan yang penting untuk saat ini. Tanpa internet, kita tidak dapat menulis di blog.

Bagaimana dengan kebiasaan berbelanja sendiri? BMI Research menyatakan bahwa shopper online merupakan 24% dari total pengguna internet dinegara ini. Yang menjadi pertanyaan adalah apa arti statistik tersebut. Itu berarti kegiatan berbelanja secara online mulai menjadi pilihan banyak orang, terutama masyarakat perkotaan.

Apa yang membedakan antara kegiatan berbelanja secara online dengan berbelanja konvensional atau biasa? Saya akan menjelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan berbelanja secara konvensional:


Kelebihan

1.  Anda dapat langsung melihat produk yang akan dibeli, mencobanya sendiri dan menerimanya langsung. 
2. Langsung bertemu dan berkomunikasi dengan penjual dan dapat membangun sebuah hubungan baik. 
3. Membayar langsung ditempat

Kekurangan

1. Anda harus berpergian ke toko tersebut, berarti mengeluarkan uang transportasi 
2. Keterbatasan waktu dan jarak 
3. Beberapa toko tidak memberi pilihan pembayaran yang beragam

Bagaimana dengan kegiatan berbelanja secara online? Berbelanja secara online pun memiliki kelebihan dan kekurangan, ini dia:

Kelebihan

1. Mudah dan praktis, anda dapat langsung membeli tanpa perlu keluar rumah 
2. Ada banyak pilihan barang 
3. Anda bisa memilih barang tanpa tergesa-gesa 
4. Tidak dibatasi jarak dan waktu 
5. Banyak promosi 
6. Cara pembayaran lebih beragam


Kekurangan

1. Barang yang diterima, mungkin tidak sama dengan yang dipesan 
2. Risiko barang hilang atau rusak pada saat pengiriman 
3. Risiko penjual adalah penipu 
4. Rawan pencurian data saat bertransaksi secara online

Seperti yang anda lihat, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Menghakimi bahwa yang satu lebih baik daripada yang lain, bukanlah hal yang bijak. Itu semua tergantung pada prioritas Anda. Pilihan yang satu mungkin lebih baik daripada pilihan yang lain. Bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan berbelanja secara online untuk pertama kalinya, Anda bisa Kunjungi Online Shop MatahariMall.

0 Comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB