Tiada Hari Tanpa Membaca Buku

Minggu, 15 Maret 2015 0 Comments
    Image from pixabay.com


Semenjak saya boleh meminjam buku, saya jadi tidak bisa berhenti membaca buku. Setiap hari baca buku, tiada hari tanpa membaca buku. Meskipun kita memang dengan mudah bisa mengakses berita atau informasi di situs online, tapi informasi di buku, menurut saya lebih baik dan lebih akurat tentunya. Tapi memang keunggulan mengakses informasi melalui jaringan internet adalah cepat dan mudah, tetapi terkadang yang mudah dan cepat belum tentu baik.

Saya saat ini sedang meminjam lima buku, karena memang batas meminjamnya segitu. Kebanyakan buku yang saya pinjam adalah cerpen dan novel, pokoknya saya suka yang ada ceritanya. Kalau nggak ada ceritanya jadi hambar. Tapi membaca buku di perpustakaan sebenarnya menyenangkan. Terkadang kebanyakan orang malas membaca buku di perpustakaan, karena terkesan "angker", tidak boleh berisik dan lain sebagainya.

Menurut saya itu merupakan persepsi yang salah. Tidak semua penjaga perpustakaan itu orang jutek, tergantung orangnya juga. Kalau kita ramah, maka penjaga perpustakaan juga akan ramah, jika kita tidak sopan, maka akan terjadi sebaliknya. Oleh karena itu, kita juga harus menjaga sikap kita.

Kebanyakan orang menganggap penjaga perpustakaan itu pustakawan. Itu merupakan persepsi yang salah, penjaga perpustakaan tidak sama dengan pustakawan. Penjaga perpustakaan biasanya mendapatkan latihan dengan jangka waktu tertentu, sebelum mengelola perpustakaan. Jadi penjaga perpustakaan, berbeda dengan pustakawan.

Perpustakaan adalah sumber ilmu, karena di perpustakaan ada banyak sekali buku yang dapat kita baca. Kemudian buku-buku itu disusun menggunakan katalog dengan cara mengklasifikasikan buku menggunakan DDC (Dewey Decimal Classification). Jadi, jika ingin mencari informasi atau ide-ide, sebaiknya berkunjung ke perpustakaan.

Sekarang saya jadi suka perpustakaan, soalnya boleh meminjam buku. Tiada hari tanpa membaca buku, buku dan buku. Apakah kalian suka membaca buku? Apa kalian masih ingat, saat pertama kali berkunjung ke perpustakaan?

Hasil gambar untuk membaca buku di perpustakaan sumber : antarfoto.com

0 Comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB