Tips Memilih Perguruan Tinggi

Kamis, 16 April 2015 0 Comments



Kali ini saya akan memberikan tips memilih perguruan tinggi. Pastinya anak-anak SMA kebingungan memilih perguruan tinggi setelah UN. Perguruan tinggi yang baik tentunya memberi semangat untuk belajar. Memang memilih itu merupakan hal yang sulit, disini ada beberapa tips memilih perguruan tinggi :

1. Pilih Prodi Sesuai Minat

Prodi itu singkatan dari program studi. Prodi itu ada dibawah jurusan, karena prodi ini sifatnya lebih spesifik. Cari prodi sesuai minat kalian, misalnya ada anak yang minat dengan ikan atau suka ke laut, sebaiknya masuk fakultas perikanan dan ilmu kelautan, dan memilih prodi yang sesuai dengan minatnya. Contohnya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan dan Ilmu Kelautan, program studinya Ilmu Kelautan. 

Kalau saya sendiri, semenjak kelas tiga SMA saya suka ke perpustakaan. Saya searching di google, apakah ada program studi tentang perpustakaan? Ternyata ada, yaitu program studi Ilmu Perpustakaan. Kemudian saya cari lagi, Universitas apa saja yang ada prodi tersebut, waktu itu pertama kali saya menemukan UI. Langsung saya memutuskan untuk masuk UI. Tapi saya sadar diri, pastinya persaingannya ketat. Ibu saya memilih UB, dan Alhamdulillah saat ini saya kuliah di UB.

2. Diskusikan Pilihan Kalian Dengan Orangtua

Ini yang paling penting. Orangtua tentunya punya banyak pengalaman, maka dari itu kalau kita dibilangin atau dinasehati dengarkan. Tentunya dengan doa dari orangtua kita pastinya akan bisa masuk ke perguruan tinggi yang kita inginkan, maka dari itu minta doa orangtua. Terus kalian juga harus mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang prodi yang sesuai dengan minat kalian, sebelum berdiskusi dengan orangtua.

3. Jangan Mengikuti Pilihan Teman

Ini juga penting, jangan jadi tukang ngikut. Teman-teman pada kelas tiga SMA sebelum dan sehabis UN, tiba-tiba mendadak berubah menjadi orang asing. Begitu ditanya, "Lu pilih apa?" pasti jawabnya, "Nggak tau," eh tiba-tiba dia masuk ke salah satu perguruan tinggi. Makanya kita juga harus mempunyai persiapan yang matang, tidak perlu mengikuti teman. Sahabat sejati memang selalu bersama, tapi untuk sukses tentunya setiap orang memiliki jalan yang berbeda-beda.

4. Pilihlah Sesuai Kemampuan

Sadar diri, itu intinya. Pada waktu snmptn saya memilih unila, sedangkan teman-teman sekelas saya pada saat itu pilih ui, ipb, itb, unpad, saya yang melihat semua itu, hanya bisa bersedih. "Eh di kenapa pilih unila?" "Iya, kenapa di?" "Pilih yang deket aja di, kenapa mesti milih unila yang jauh?" berbagai pertanyaan menghujam, saya hanya bisa menjawab, "itu pilihan orang tua saya". Begitu hasilnya diumumkan, teman-teman sekelas saya banyak yang tidak lulus snmptn, termasuk saya karena nilai raport saya yang pas-pasan, sedangkan yang lulus hanya beberapa orang.

Maka dari itu sadari kemampuan kalian, tak perlu ikut-ikutan teman, atau milih perguruan tinggi yang ternama, yang penting adalah kalian mampu membanggakan dan membahagiakan kedua orang tua, itu yang paling penting. 

Saya waktu itu mengikuti sbmptn, memilih ub dan uin jakarta, saya pilih prodi ilmu perpustakaan. Begitu saya masuk ub, langsung pada bilang kayak gini, "Mantap mas bro masuk ub" "Harusnya gue juga pilih ub" "Yah, coba gue pilih ub," padahal belum tentu dia masuk ub, saya masuk perguruan tinggi berkat doa dan pilihan ibu saya.

Sebenarnya saya yang memilih prodi ilmu perpustakaan, tapi waktu itu saya bilang ke ibu saya, "Ma mau masuk UI," terus kata ibu saya, "Udah pilih UB sama UIN aja." Jadi saya memutuskan untuk memilih UB dan UIN. Oleh karena itu diskusikan dengan orangtua dahulu sebelum memilih perguruan tinggi.


5. Cari Informasi Sebanyak-banyaknya

Mencari informasi tentang perguruan tinggi sebanyak-banyaknya. Bisa bertanya ke orangtua kalian, atau bertanya ke guru, ke teman dan sebagainya. Pokoknya jika kalian sudah mendapatkan target perguruan tinggi mana yang ingin dipilih, maka kalian harus mencari sebanyak-banyaknya informasi tentang perguruan tinggi tersebut.

Sekian dari saya, tentang tips memilih perguruan tinggi, semoga bermanfaat buat kalian yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi.

0 Comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB