Ketahui Beberapa Tips Mobil Matic yang Membuatnya Tahan Lama

Selasa, 14 Juni 2016 0 Comments


Mobil matic dianggap sebagai salah satu jenis mobil yang sangat cocok untuk kalangan perempuan, sebab lebih aman dikemudikan. Pengendalian yang dipersingkat dengan beberapa fitur khusus, membuatnya lebih mudah untuk dikemudikan dengan baik dan nyaman. Mobil jenis matic kini semakin banyak yang menginginkannya, karena menawarkan sesuatu yang baru, yaitu pengalaman mengemudi yang mudah dan nyaman. Namun perawatan untuk mobil jenis ini memerlukan tips khusus.



Mengapa disebut khusus?

Mobil matic memang terbilang menyuguhkan pengalaman menjelajahi jalanan dengan mudah dan juga praktis. Namun mesin matic yang didesain khusus ini, ternyata memerlukan perawatan yang lebih beragam dan kadang terasa lebih mahal jika dibandingkan dengan mobil transmisi manual. Meski begitu perawatan mobil ini tidak selalu masuk kategori rumit. Ada beberapa bentuk usaha yang bisa dipraktekkan untuk mempertahankan kualitas atau performa sebuah mobil matic.

Bagi pemilik mobil jenis ini ada baiknya menyimak beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga ketahanan mobil tersebut lebih lama. Diantaranya adalah:



a. Memilih bengkel resmi
Menjaga kualitas mobil akan jauh lebih mudah dan terjamin aman ketika Anda mempercayakan kebutuhan perawatan kepada bengkel resmi. Maka saat memilih merk mobil pastikan terlebih dahulu merk mobil tersebut sudah memilih bengkel resmi yang mudah dijangkau atau tidak. Melalui bengkel resmi mekanik di dalamnya sudah ditraining dahulu bagaimana memperbaiki mobil type tersebut. Sehingga ketika melakukan service, mereka paham benar bagian mana saja yang perlu diperhatikan dengan seksama.

Keuntungan lainnya adalah semua proses perawatan sudah sesuai dengan standar pabrik yang merakit mobil tersebut. Sehingga menekan kemungkinan terjadi kerusakan bergilir, misal rusak dibagian A sudah selesai, lalu besoknya merambat ke bagian B dan seterusnya. Bengkel resmi juga akan selalu menyediakan sparepart original, tentu Anda paham keuntungan memakai sparepart seperti ini. Memilih datang ke bengkel resmi merupakan cara yang tepat, cepat dan juga aman.



b. Paham bagaimana mengemudikannya
Mobil matic memang digadang-gadang memberikan kemudahan dalam berselancar di jalanan beraspal. Tidak perlu direpotkan dengan kebutuhan memasukkan gigi mesin, keliru menginjak rem ataupun gas dan lain sebagainya. Sebagai mobil yang pengendaliannya dibuat cukup praktis ternyata pada kenyataannya pemilik perlu belajar dan beradaptasi. Entah itu merupakan pengalaman pertama mengemudi atau berpindah dari transmisi manual ke matic tersebut. Belajar teknik yang tepat bagaimana mengemudikan mobil jenis ini menjadi modal penting menjaga kualitasnya.

Pengendalian mesin mobil matic umumnya pun lebih lebih mendetail dan perlu beberapa langkah supaya mobil berjalan sesuai keinginan. Salah satunya ialah kebutuhan untuk menginjak rem dahulu sebelum memindahkan transmisi. Ada pula beberapa kriteria lain yang wajib dipahami supaya mobil matic ini bisa melaju dengan baik dan aman bagi pengemudi maupun pengguna jalan lainnya. Apabila kurang memahami bagaimana mengemudikan mobil matic maka akan membuatnya memiliki performa kurang maksimal. Beberapa bahkan menunjukkan kemungkinan penurunan performa tersebut sehingga kurang nyaman lagi dipakai.



c. Menggunakan bahan bakar berkualitas
Mobil matic yang masih menggunakan bahan bakar sebaiknya mempertimbangkan memakai bahan bakar berkualitas. Memang akan terasa berat dari segi biaya per harinya, namun untuk jangka panjang tetap lebih menguntungkan. Bahan bakar yang bagus akan membuat mesin di dalamnya tetap memberikan akselerasi dan performa yang maksimal. Kemudian untuk mencegah terjadinya kerusakan parah yang mengakibatkan biaya perbaikan yang cukup berat. Akan jauh lebih baik merasa berat dimasa sekarang dibanding harus berat disituasi yang datang tiba-tiba. Itulah pentingnya paham tips mobil matic dengan seksama.



Ingin tahu lebih jauh informasi seputar mobil matic dan perawatannya? Cari tahu informasinya di website review terbaik di Indonesia. Website yang menyediakan berbagai informasi termasuk dunia otomotif, mulai dari ulasan menarik, spesifikasi harga hingga review dari berbagai pengguna produk. Website ini akan membantu Anda dalam memilih produk yang diinginkan sekaligus sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga infomasi ini bermanfaat untuk Anda.

0 Comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB