Tata Ruang Rumah Minimalis Agar Sesuai Dengan Fungsi Secara Baik

Selasa, 19 Juli 2016 0 Comments


Pada umumnya, rumah minimalis diidentikan dengan rumah yang berukuran kecil, memang tidak salah. Kendati begitu, lantas bukan berarti rumah minimalis dengan ukuran yang kecil tidak lebih nyaman dari rumah besar yang mewah dan megah. Rumah minimalis tetap bisa berkesan modern, luas dan elegan untuk memberikan kenyamanan bagi si pemilik rumah, asalkan si pemilik rumah bisa mensiasati tata ruang secara baik dan benar.

Rumah minimalis di desain bukan hanya menerapkan prinsip-prinsip minimalis saja, akan tetapi juga perlu memenuhi kebutuhan si pemilik rumah secara baik. Ruangan yang terdapat pada rumah minimalis tidak melulu berdiri sendiri dan banyak. Dengan ukuran ruangan yang relatif tidak besar, satu ruang pada rumah bisa memiliki fungsi ganda. Contohnya adalah menjadikan satu ruang keluarga atau ruang tengah dengan ruang makan. Tata ruang yang demikian ini tidak jarang diterapkan oleh para desainer properti dalam mendesain rumah minimalis.



Kemudian tata ruang dapur juga tidak melulu ada ruang tersendiri di dalam rumah. Jika di dalam rumah ruangan sudah habis dipakai untuk fungsi lain, dapur juga bisa diletakkan halaman belakang atau di bagian belakang di dalam rumah. Tujuannya diletakkan di belakang rumah juga alasannya agar tidak terlihat oleh tamu yang berada di depan.

Pada umumnya, tata ruang rumah minimalis disesuaikan dengan kebutuhan dari pemiliknya. Misalkan si pemilik ingin menghuni rumah minimalis dengan kesan modern dan ingin memiliki 3 kamar, maka bisa memanfaatkan lahan untuk dikembangkan jika ada yang tersisa. Jika tidak ada yang tersisa, maka tata ruang yang bisa dilakukan adalah memperkecil ukuran ruang tamu, kemudian menyatukan ruang tengah atau ruang keluarga bersama dengan ruang makan, memperkecil ukuran kamar tidur dan meletakkan dapur di halaman belakang rumah.



Kamar tidur tentunya merupakan ruang pada rumah yang sangat penting bukan? Untuk memberikan kesan nyaman pada kamar tidur tidak mudah namun juga tidak sulit. Apalagi jika anggota keluarga banyak dan memerlukan untuk menyita ruangan sebagai kamar tidur. Agar rumah minimalis anda juga berfungsi secara baik, alangkah baiknya untuk memikirkan dengan matang sebelum membangun atau membelinya. Sesuaikan dengan keperluan anda dan keluarga.

Terima kasih dan semoga bermanfaat untuk anda.

0 Comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB