Ramadan Hari Kesebelas

Jumat, 22 Maret 2024 0 Comments

 

Photo by Mohammed Ajwad from Pexels

Saya bingung kalau ada yang bilang jangan baper, bukannya kita manusia? Yang punya perasaan. Memangnya kita robot yang nggak boleh pake perasaan. Maksudnya mungkin jangan marah, tapi tetap saja aneh. Nggak boleh bawa-bawa perasaan. Seakan-akan menyuruh kita untuk menyembunyikan perasaan. Merasa mesti setuju dengan semua hal yang tidak kita sukai.


Saya tidak suka ketika disuruh tampil entah kenapa, bukannya tidak ingin menunjukkan kemampuan, tapi terasa seperti sebuah ketakutan atau ancaman. Saya bisa saja tampil ketika disuruh, tapi ketika saya tidak siap, seperti ada hal yang benar-benar tidak nyaman. Kita bisa memilih apakah menampilkan kemampuan atau tidak? Kalau kita ingin, lakukan saja. Kalau tidak, sebaiknya disembunyikan saja, semuanya pilihan. Lagipula buat apa risau pada hal yang belum terjadi, padahal saya juga risau sekali.


Oh iya, saat pemilu serentak kenapa pada memilih berdasarkan foto ya..? Soalnya biodata calon di pemilu, di website KPU pun ada yang confidential. Dia tidak mau menujukkan riwayat karirnya, pendidikannya, pekerjaannya. Jadi kita bingung, ini milihnya berdasarkan apa. Kan enak kalau pilihannya bagus semua, misal bintang empat semua dari skala lima didalam rating yang biasa dikasih diplaystore. Tapi sayangnya ada yang bintang dua, yang mencalonkan diri lewat jalur suap. Ada yang bintang tiga, diajukan partai meski nggak punya kompetensi. Kenapa saya kasih bintang tiga? Sebab meski dia nggak bisa, tapi punya duit, jadi dia bayar ke orang yang bisa ngerjain tugasnya, hehe..


Dalam kuliah pun begitu, kalau nggak bisa buat skripsi, tinggal cari orang yang bisa buatnya, nggak bisa buat jurnal, cari orang yang bisa. Kalau udah ketemu, bayar jasanya, nanti dia yang buatin. Tapi saya nggak suka cara begitu. Seperti meragukan diri sendiri. Saya tahu itu bisa menghemat waktu, tenaga, biaya, tapi tetap saja saya lebih ingin melakukannya sendiri. Saya senang kalau dibantu, tapi saya ingin agar bisa sendiri. Saya ingin dibantu dalam hal-hal yang memang saya belum tahu, dan belum bisa. Selagi saya masih bisa mencari tahu sendiri, maka akan saya belajar dan lakukan. Belajar dan mencari tahu, mencoba-coba sendiri, mempertanyakannya, bukannya hal itu menyenangkan? Semoga tulisan ini bermanfaat untukmu.


0 Comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB