Sehari Sebelum Ramadan 2024

Minggu, 10 Maret 2024 0 Comments

Gambar oleh john peter dari Pixabay


Bulan Ramadan sebentar lagi tiba. Banyak hal yang terjadi, seperti waktu yang terasa lebih cepat, kemudian berita banyak pelecehan seksual dan pembunuhan. Tapi saya menulis belum akan membahas itu, bisa jadi ada tulisan kedepannya demikian. Yang saya ingin katakan ialah tidak mengapa jika kita tidak menjadi siapa-siapa dan bukan apa-apa. Kita tidak harus mencapai suatu hal yang hebat untuk dapat bahagia.


Kita dapat berproses dan menciptakan banyak hal dan peristiwa yang menentramkan hati kita. Kita dapat memilih siapa yang kita sukai untuk kita bantu, kita berikan kebaikan. Kita tidak perlu harus mendengarkan semuanya. Kita dapat memilih mendengar hal yang kita sukai. Kita dapat memilih tindakan yang kita inginkan. Dan kita dapat menolak hal yang tidak kita perlukan. Kita tidak perlu memenuhi hal-hal yang tidak seharusnya dibebankan kepada kita.


Terkadang menjadi diri sendiri memang seberat itu. Tetapi kita mendapatkan kebebasan untuk memilih. Kecuali kita terdesak sedemikian rupa oleh keadaan, yang mengharuskan kita untuk tetap berjuang tanpa henti. Dan itu semua pilihan ada ditangan kita. Kadang kita suka lupa untuk berbaik sangka kepada Allah. Bahwa Allah jahat, karena membebankan banyak peristiwa berat kepada kita. Bahwa kita adalah manusia paling tidak beruntung dibandingkan dengan yang lain.


Padahal bisa saja kita hanya melihat dengan pandangan satu hal, karena kita inginnya melihat itu. Sedangkan beberapa hal lain tidak terlihat karena kita cukup bebal terhadap prasangka buruk tersebut. Setiap orang yang kita temui akan berlalu. Entah hanya sekedar lewat, atau justru menjadi sesuatu yang spesial. Kenangan yang terus-menerus teringat. Sayangnya jalannya telah berbeda. Tidak apa-apa, karena masih ada orang lain yang akan datang, dan akan pergi pula.


Banyak masalah yang akan kita hadapi. Seperti harga-harga bahan pokok yang terus naik. Kemudian kemacetan, tranportasi umum yang belum mencukupi, sulitnya mendapatkan pekerjaan, meningkatkan kekerasan kepada anak dan perempuan, berbagai kejahatan keji yang bermunculan. Semoga semakin banyak orang yang lebih sadar dan peduli dengan lingkungan sekitar.


Oh iya selamat datang bulan Ramadan 1445 H, semoga dibulan yang penuh rahmat ini kita diberikan kemudahan dalam mencapai apa yang kita inginkan dan dimudahkan dalam pekerjaan yang kita lakukan. Sepertinya saya akan menulis satu postingan selama tiga puluh hari kedepan atau sampai bulan Ramadan selesai, mudah-mudahan saja bisa tercapai. Aaamiin. Kalau kamu suka postingan ini, silahkan berikan komentar ya..

0 Comments:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Suka Narasi | TNB